deraDIkalisaSI

FPI Bubar, KH Hasan Agil: Gerakan Mereka Mirip PKI

sydney jones: Lecture delivered at Parahyangan Catholic University in Bandung, Indonesia. 18 January 2013 
Introduction
Terrorism is a very difficult and emotional subject, but it is one that deserves serious study. The word suggests an extraordinary crime with massive casualties of innocent people, with the iconic image now being the attack on the World Trade Center in New York. The word “terrorist” is also loaded -- it conjures up images of ruthless killers, like Anders Breivik, the Norwegian gunman who killed 77 young political activists in 2011.
But it’s much more complicated than that. Not all terrorism involves large numbers of deaths: in 2011 in Indonesia, for example, we had eight separate terrorist incidents and a total death toll of five, including two bombers who killed only themselves. Not all crimes are instantly recognizable as terrorism. Suicide bombings have become the classic terrorist crime, but what about the robbery of an ATM or the shooting of a policeman? They might be terrorism, but they can also be acts of rebellion or ordinary crimes, depending on the circumstances and who was involved. Drawing those lines is not always easy. The problem gets even more complicated when we try and understand the causes of terrorism. Why in one village is one young man tempted to join an extremist network while his neighbor, of the exact same age, education, religious training and economic background, is not?
I’ll explore some of these questions in the next half hour or so, mostly drawing on examples from Indonesia and the rest of Southeast Asia.

Kompolnas: 37 Teroris Punya Latar Belakang Anggota FPI 

Jakarta -
Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Nasaruddin Umar tidak mempermasalahkan penggunaan cadar, dan celana cingkrang di kalangan umat muslim. Sepanjang dilakukan dengan penuh kesadaran hal tersebut merupakan hak asasi seseorang untuk menggunakan simbol-simbol tertentu.
"Yang salah kalau orang yang pakai cadar dan celana cingkrang itu mengharamkan, menajiskan kelompok yang tidak pakai cadar dan celana cingkrang. Sepanjang tidak saling menyalahkan, monggo," kata dia kepada Tim Blak-blakan detik.com di masjid Baitut Tholibin Kemendikbud, Selasa (31/12/2019).

Hanya saja bila dikaitkan dengan kearifan lokal serta memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam dalam memahami substansi Al-Quran dan Hadits, akan memahami bahwa hal semacam itu adalah cuma atribut Arab. Nasaruddin yang pernah menetap di Timur Tengah berpendapat penggunaan cadar bagi wanita maupun sorban untuk pria merupakan bagian dari hak kultural (culture right) masyarakat di Timur Tengah. Sebab di sana memiliki cuaca lebih panas daripada di tanah air. Sebaliknya saat tinggal di Kanada pada 1993-1994, Nasaruddin melihat banyak perempuan di negara itu juga mengenakan pakaian serba tertutup di saat musim dingin yang ekstrem padahal mereka bukan muslimah.
"Kalau pakai cadar itu wajib, mengapa Rasulullah mengatakan tidak sah haji-nya orang yang pakai cadar. Maka tidak ada satupun orang di Padang Arafah pakai cadar. Harus buka cadar semuanya, karena kalau tidak itu batal haji-nya," ujar Guru Besar Ilmu Tafsir UIN Syarif Hidayatullah itu.
Rektor Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran itu juga menegaskan Islam merupakan agama yang terbuka dan memandang kearifan lokal juga bisa menjadi sumber hukum. Tiap orang, kata dia, akan semakin memiliki diri sendiri jika memahami substansi agama dan mengakui adanya hak kultural dari tiap individu. "Tidak perlu menjadi orang Arab untuk menjadi the best moslem," tegas Nasaruddin.
Dalam berdakwah, ia melanjutkan, Nabi Muhammad SAW pun tidak melakukan semuanya dari awal. Sebab Nabi diutus untuk menyempurnakan, bukan memulai dari nol. "Jadi apa yang sudah eksis di masyarakat sepanjang tidak bertentangan dengan ajaran islam, go ahead," ujarnya.
Karena itu tidak perlu mengidentifikasikan diri dengan negeri tertentu untuk menjadi seorang muslim. Ia mencontohkan bagaimana Nabi Muhammad menggunakan tiga jari untuk makan karena makanan pokoknya adalah roti, sementara masyarakat Indonesia yang mengonsumsi nasi menggunakan lima jari.

"Kalau kita makan tiga jari kapan kenyangnya kan. Jadi tidak semua perkataan, perbuatan nabi harus diikuti. Jadi kapasitas nabi sebagai makhluk pribadi yang makannya tiga jari juga tidak harus ditiru oleh orang Jepang yang menggunakan sumpit,"ujarnya.
Pada bagian lain, Nasaruddin bicara soal optimismenya terhadap umat muslim Indonesia yang semakin cerdas dan tidak mudah terprovokasi oleh ujaran kebencian dan tindakan intoleransi. Ia berharap para cerdik-pandai dari masyarakat muslim mainstream aktif dalam melakukan kontra narasi terhadap ujaran kebencian di berbagai media.
Simak selengkapnya dalam Blak-blakan Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Nasaruddin Umar "Jadi Muslim Terbaik Tak Mesti Seperti Arab" di detik.com, rabu (1/1/2020).


What is Terrorism?
Let’s start with the most basic question, what is terrorism? Even the question is fraught, because we have to distinguish what it is as a phenomenon from what it may be defined as under international or domestic law. As I’m sure all you know, there is no single definition of terrorism. Nevertheless, there is wide consensus that it is a tactic, not an end in itself, involving a deliberate effort to create a sense of fear in a particular target population to achieve a political objective. Those who use the tactic can be religious or secular: in the past, the Tamil Tigers in Sri Lanka, the IRA in northern Ireland, Timothy McVeigh in the US; and many others all have used terrorism for very different ends.
In 2008, a high-level UN panel defined terrorism as “any action…that is intended to cause death or serious bodily harm to civilians or non-combatants, when the purpose of such act, by its nature or context, is to intimidate a population, or to compel a Government or an international organization to do or to abstain from doing any act.” Thus the abduction yesterday of western oil workers in Algeria was almost certainly intended to send a message to the French govt that they should stop intervention in Mali.
This definition was aimed at non-state actors, groups like al-Qaeda or the Tamil Tigers. It excluded the concept of “state terrorism”, or crimes committed by a particular country or government, but it’s important to understand why. It wasn’t because states don’t deliberately create fear or cause mass casualties.
But under international law, and particularly international humanitarian law, most acts of terrorism by states that involve deliberate killings of civilians are already considered crimes, either “war crimes” or “crimes against humanity” and the perpetrators in theory can be prosecuted in the International Criminal Court, though it’s not easy.  So why muddy the waters by trying to define a new crime, state terrorism, when it’s hard enough to get prosecutions of the old ones?
The other problem with the UN panel’s definition above is that it suggests that only civilians can be victims of terrorism. It is true that generally, the targeting of civilians IS what distinguishes terrorist organizations from other organizations that use violence. But again, the lines aren’t clear -- for the last several years, we have seen police become the No.1 enemy of terrorists in Indonesia, and in many other conflicts, insurgents use terrorist tactics against members of the security forces. 
Now, here’s another definition of terrorism that is both more detailed and more useful. The following is paraphrased from what I think is the best book available on the subject by a scholar named Martha Crenshaw. She says:
Terrorism is a form of violence that is primarily intended to influence an audience. It depends on concealment, surprise, stealth, conspiracy and deception.  Terrorism is not spontaneous and does not involve mass participation; it is carried out by a handful of people claiming to act on behalf of a larger group. The act itself communicates a future threat to people who identify with the victims – it conveys the sense of “You will be next”.  The choice of time, place and victim is meant to create shock, fear or anger. Psychological impact is key. It involves maximum impact with minimum effort (Martha Crenshaw, Explaining Terrorism: Causes, Process and Consequences, 2011, p.2).
This is a neutral definition because it deals with method and not so much with motivation. Sometimes you hear the phrase, “one person’s terrorist is another person’s freedom fighter”. The people who use this cliché are often trying to make the point that terrorism is too subjective a term to be the subject of serious scholarship. But I like this definition because it does not take into consideration the ultimate objective – it looks at only at tactics, in a way that could be applied equally to Christian or Muslim, Israeli or Palestinian.
Terrorist Motivations
We will come back to different elements of the definition later in the lecture, but let’s move on to another critical question: Why do individuals and organizations use terrorism? It’s a particularly interesting question for Indonesia, because often, terrorism is used by groups fighting occupation by a foreign power or repression by an authoritarian state, and of course neither is true for Indonesia. Or it is used by groups representing an alienated minority facing discrimination, as some groups in Europe or the Malay minority in southern Thailand, or by nationalist groups seeking to overthrow a government. Even with groups advocating global jihad, recruits have generally come from countries that fall in these categories. But none of this explains the phenomenon in Indonesia.
So let’s look at three broad levels of analysis that are often used to explain terrorism: societal, organizational and individual.
I find the societal issues the least helpful because they are too generic, and all too often, when people, usually government officials, start talking about the “root causes” of terrorism, they are talking about broad sweeping generalizations that may or may not have a basis in fact and in any case are not helpful for understanding what’s actually going on. For example, many officials here often assume that poverty is the cause of radicalism, or that poverty leads to radicalization, just because one of the Bali bombers like Imam Samudra, or one of the suicide bombers in the 2009 hotel bombings, comes from a poor background. But if that assumption were true, Indonesia would be crawling with terrorists! Jakarta and Bandung would be overrun with them! And where’s the evidence? Of those who say poverty is a cause of terrorism, who has looked at the background of the 700 or more individuals arrested on terrorism charges here, or indeed in any other country? Yes, some come from poor backgrounds, but many are also university-educated from middle class families.
We need to ask, what is the actual socioeconomic status of those arrested to date, does it vary by region, and does it vary over time? If and only if you have enough information can you explore causal links between individuals and the acts they engaged in.
And if you assume, without good data, that poverty is the problem, you will also make the wrong assumptions about solutions: for example, that economic development will prevent terrorism. There’s not a shred of evidence to support that thesis in Indonesia, although economic neglect combined with lack of political power has certainly been a factor in some parts of the world. Even here, we have some cases, in some areas, where young men have been sucked in to terrorism activities in part because they are unemployed and have nothing better to do, but there are always other factors at play. In these areas, poverty may be a necessary, but never a sufficient, factor to explain radicalization.
Even when you can identify unemployment as a factor, you have to be careful. In 2006, the government had a training program for militants being released from prison, on the assumption if they had more training they wouldn’t go back to their old ways. But no one bothered to match the skills being taught to the labor market, or to the backgrounds of the ex-prisoners, and as a result, the training program was of limited use (Dave McRae, “Reintegration and localized conflict : promoting police-combatant communication”, World Bank, 2009.) Again, data, data, data!
Another societal issue that is often raised is injustice. Here in Indonesia, some genuinely believed that acts of violence could help draw attention to fellow Muslims who were under attack or persecution elsewhere in the world. But if solidarity with fellow Muslims and anger at the way they have been treated was sufficient to push people into these networks, we would have far more extremists than we do. Like poverty, a sense of injustice may be a necessary condition for many people to join terrorist networks but it is certainly not a sufficient one.
The Organisational Level
What about terrorist organizations?  Why do they use violence? Martha Crenshaw suggests several reasons.
  • The most important is to advertise their cause: fighting the international Christian-Zionist alliance for al-Qaeda; drawing attention to the plight of Chechnya in the case of Chechen groups or Palestine, in the case of Palestinian groups that undertook airplane hijackings in the 1970s. If the purpose is to advertise a cause, then there is a strong incentive for the group to claim credit for an attack, through a phone call, video or Internet posting.
After the second Bali bombing, Project Bali document stated that the only two places worth bonbing in Indonesia were Jakarta and Bali, because they were the only places that would get international media coverage.
  • They may also want to show that the government is weak or unable to defend its supporters by repeatedly attacking security forces or civilians who work in government offices or as teachers in state schools. This may be a factor in some of the terrorism used in southern Thailand today, and here there isn’t so much need to claim credit – in fact you may create more fear by being a shadowy force that the government can’t find or identify.
  • In some cases groups may want to provoke overreaction from the government as a way of changing the political dynamic or increasing the resentment of the local populace to draw more people to their side. In Papua, one radical pro-independence group talks of wanting to create “a second Santa Cruz” referring to the shooting of unarmed demonstrators in East Timor in 1991 that was caught on videocameras and transformed the political struggle there.
  • Sometimes groups want to mobilize support of the population by killing members of a group perceived as their enemy. This may have been a factor in the attacks by Poso militants on Christian communities after a peace agreement was signed in 2001, although it didn’t work – most people in Poso just wanted peace.
  • And finally, terrorism can be used to try and force a government or a group to take actions that it might otherwise not want to take. For example, some terrorism in Iraq was aimed at forcing Western troops to leave. And in Aceh, the systematic execution by GAM, the rebel group, of suspected cuak, or informers, was a way of sending a strong message that Acehnese should not side with the government. This has all changed, of course, since the peace agreement in 2005.
So organizations have different reasons for using violence. The violence in turn affects how they operate.
First, all terrorist groups have to operate in secret out of necessity, but they can be a secret cell of a larger organization that operates above ground. Living in hiding creates a particularly strong sense of solidarity among group members, and as we’ll see later, some people are attracted to terrorist organizations for exactly that sense of community.  For people who don’t make friends easily, the terrorist group, like a cult,  can be like a family.
A critical requirement of any terrorist cell is loyalty among the group’s members. You can’t risk people coming in and out like they were joining Greenpeace or WWF. You have to make it difficult to join and then hard to leave, if only for security reasons. So most organizations have some kind of initiation or oath-taking; in Indonesia, there has usually been a bai’at, or oath of loyalty to the leader. And frequently new members are asked to commit an illegal act to show their commitment to the cause. In Indonesia, it has sometimes been a robbery; in the first Bali bombing, some young men from Banten who took part were asked to rob a gold store, not because the bombers needed money but because they wanted to test the courage of the new recruits. And of course, once a crime is committed, it binds the perpetrators together and makes it harder for them to opt out.
Sometimes a group turns to violence because its leaders are in competition with another group and want to show they are even more committed than their rivals. In 2010, the group that organized the Aceh training camp wanted to prove that they were more committed to jihad than JI was. And sometimes a group commits a terrorist act because the leaders are afraid that if they don’t, the members will leave to join another group. One characteristic of violent extremists in Indonesia is that they try to have regular military training. But if you train people to use guns or attack targets, and then you never give them anything to do, they are going to get bored or disillusioned.  Many militants left Jemaah Islamiyah because it decided to focus on building up the organization through education and dakwah and not risk further arrests by undertaking acts of violence.  Many others in the movement accused JI of abandoning jihad and left to join groups that would allow their members to act. Because you have to remember, one characteristic of every terrorist group, regardless whether its base is religious or ethno-nationalist, is that is committed to action – you aren’t a terrorist group if you sit around doing nothing.
Individual Motivation
Now we come to the critical question: why do individuals join terrorist organizations? Again there can be a wide range of motives, and it varies from person to person. Many people assume that everyone who joins a terrorist organization must be deeply committed to the ideological cause that the group represents, whether it is ending the occupation of a country, or overthrowing a government, or establishing a new social order.
But while leaders are often deeply committed, ordinary members can join for a variety of reasons. A very important one is peer pressure – you join because your friends or family do. For people studying terrorism, social network theory has provided many useful insights. If you were a young man living in certain neighborhoods in Poso in 2001 (and for our non-Indonesian friends, this was a major conflict area between Muslims and Christians), you would have found it very hard not to be pulled into one of the militant groups operating there.
Often the motive is revenge. The number one motive of terrorist groups operating in Indonesia today is revenge against the police for having arrested or killed fellow mujahidin. Sometimes it’s revenge for having relatives killed or captured, and this can be passed down through the generations. In northern Ireland, there were many cases of sons or nephews of fallen IRA men joining up as soon as they could carry a gun. We also have many cases of JI members whose fathers or grandfathers were fighters in the Darul Islam movement. Remember earlier I said that in analyzing causes of terrorism, we have to be able to explain why one person joins an organization when others in the same village with the same background do not. Well, in the case of the suicide bomber in the Australian embassy bombing in 2004, out of about a dozen young men recruited and trained from his village, the one who actually went through with the violence was the one whose father had been a member of the Darul Islam movement, and we had several such cases in JI.
Sometimes people join because they are looking for social status. They want to be respected. This can be a motivation for people who have not succeeded in school or do not have many friends.  Since terrorist organizations are necessarily elitist – only a very few select people can be trusted to join – being accepted as a member can be very gratifying – almost as gratifying as being accepted by Parahyangan! In Indonesia, an important part of extremist doctrine is the notion of thoifah mansuroh, the group that will be saved on Judgement Day. For most scholars, membership in thoifah mansuroh can only be achieved by deep religious knowledge, but for some violent groups, participation in jihad is a way to be part of this elite.
The desire for status is also frequently a motivation for thugs or criminals recruited by terrorist organizations – they are given a chance to redeem themselves by people who appreciate their criminal skills. We have several examples of this in Indonesia. After the Bali bombings, Imam Samudra, Muchlas and Amrozi had very high status in Kerobokan prison. They were seen as brave enough to take on a superpower! So several criminals sought them out and joined their study groups as a way of enhancing their own status, to the point that Kerobokan became known as Campus Terrorisme. Several of these recruits later became involved in another plot to attack the hard rock café in Bali in early 2012, but they were caught before they could do anything.
Speaking of prison, so many extremists have been arrested in Indonesia that some have another reason for undertaking acts of violence after their release – they want to prove that they are still “pure” and have not sold out to the police. Many, in fact, are suspected of providing damaging information after their arrest, and some are ostracized by their old friends – people refuse to see them, they are not invited to meetings, their wives are not accepted by other women. One of such person was a man named Urwah, who had worked on the Australian embassy bombing with the Malaysian terrorist leader Noordin Top. To prove that he was still okay, he rejoined Noordin after his release in 2007. When the police finally tracked down and killed Noordin Top in September 2009, Urwah was with him and also died.
Other people, but not many, join for the money, particularly when they join robbery operations. In Medan, North Sumatra in 2010, one young man joined in the robbery of the CIMB-Niaga bank, because the participants were guaranteed a share of the proceeds. Of $34,000 stolen, each robber received about $1,000 (10 juta) – a major incentive for someone in need of money.
“Lone wolves” – people who become radicalized by themselves, often by reading the Internet, and who then set out to commit a violent act – have been rare in Indonesia. We’ve only had a few cases, but we are seeing more use of the Internet for recruitment and fund-raising, and it’s not impossible that more lone wolves could emerge.
Leaving Terrorist Organisations
One question that many scholars are asking these days is why some organizations decide to leave violence behind – because if we can understand why groups or individuals opt out, we may be able to formulate better policies for countering terrorism. A whole field of research has grown up around the idea of life cycles of terrorism – how it is born, how it matures, and how it dies.
Several factors can be key to weakening terrorist groups. An important one is government response. In Indonesia, there is no question that a forceful government response to terrorism after the first Bali bombing was extremely important in weakening terrorist organizations, especially Jemaah Islamiyah. Not only were many leaders arrested, but the imprisonment of hundreds of members, and extensive infiltration of extremist groups, created widespread suspicion and distrust, leading to splits in the jihadist movement.
But a forceful government response is not a guarantee that terrorism will end. As we have seen here, anger at the police for arrests and killings has become a driver for new militant groups emerging. Since Feb 2010, 50 suspects have been killed by police, and 21 police have been killed by jihadi suspects. It’s as though what started out as a movement to draw Indonesia into the global jihad has degenerated into a low-intensity conflict between terrorists and police.
Sometimes terrorist actions create so much public outrage that the group can no longer find shelter or protection. One reason JI leaders have given for pulling back from violence is that there was no local support. Indonesia was not like Iraq, one commentator wrote, where Abu Mus’ab Zarqawi, the insurgent leader, was able to build on a hated occupation by US troops. What was the rationale for attacks in Indonesia?
Some militant commentators also realized that if their goal was an Islamic state, above-ground advocacy groups like FPI and FUI, that were using democratic space to bring about change, were actually far more effective than groups that used terrorism.
Individuals also can make decisions to pull out, often for family reasons, although as noted, the deeper one has been involved in a terrorist organization, the harder it is to withdraw. Scholars who have studied men involved in the Poso conflict have also noted that in some cases, humane treatment by police after arrest and during imprisonment, as well as economic opportunities after release, have persuaded some men not to return to the use of violence.
Women
Up till now have spoken of terrorism as an all-male affair, but important to understand the role of women. In some countries, women – Palestine, Iraq and Chechnya among them – women have become the suicide bombers of choice. In the Philippines, women can serve as combatants, not only in the NPA but also in the MILF and Muslim movement, (although negotiations with the govt are conducted only by men, to the frustration of a few senior women).
Women are valued for their reproductive role, but concern for security is such that it is often left up to the leader of the group to choose a wife for unmarried members.
Increasingly we are seeing some Indonesian women who want a more active jihadi role but are denied this by existing organizations looking to social media as a way to seek out radical partners or just have long chats with like-minded friends.
Conclusions
All of this is to say that for all of the emotion and subjectivity involved in terrorism, it is a topic that needs in-depth and impartial study. The most important message to you all as scholars, is that there is no substitute for hard facts and in-depth analysis.
Thank you.
👮

TEMPO.COJakarta - SETARA Institute menilai pernyataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi soal agama dan pancasila, berdasarkan fakta.
“Dalam pandangan SETARA Institute, apa yang disampaikan Kepala BPIP faktual adanya. Dia secara terbuka mengakui bahwa ada sekelompok orang, yang mereduksi agama, mengatasnamakan agama, dan mendaku mewakili pemeluk agama mayoritas, telah menggunakan agama untuk memusuhi Pancasila,” kata Direktur Riset Setara Institute Halili, melalui keterangan tertulis, Kamis 13 Februari 2020.
Halili mengatakan berdasarkan data SETARA mengenai Kondisi Kebebasan beragama dan berkeyakinan, kelompok-kelompok intoleran, telah melakukan sejumlah pelanggaran kebebasan beragama. Dalam 12 tahun terakhir, telah terjadi 2.400 peristiwa pelanggaran kebebasan beragama dan berkeyakinan dengan 3.177 insiden.
Data pelanggaran tersebut menurut Halili menegaskan individu dan kelompok intoleran yang telah nyata-nyata melanggar hak konstitusional warga untuk beragama atau berkeyakinan. Padahal, kebebasan beragama diatur dalam Pasal 29 Ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara 1945.
Ucapan Yudian memancing polemik setelah dia berbicara soal hubungan agama dan Pancasila di salah satu media. Di situ ditulis Yudian menyebut agama jadi musuh terbesar Pancasila.
Halili menangkap konteks pernyataan tersebut berbeda dari apa yang kini ramai di publik. Menurut dia, BPIP berbicara soal sekelompok minoritas yang mengatasnamakan mayoritas telah menggunakan agama untuk memusuhi Pancasila. Serta terdapat sekelompok orang yang menggunakan agama untuk kepentingan politik kelompoknya.

“Sayangnya, yang menjadi konsumsi awam, juga oknum anggota DPR, Partai Politik, Pimpinan MUI, Pimpinan Ormas Islam, dan bahkan beberapa intelektual di Perguruan Tinggi adalah ‘Agama Musuh Pancasila’,” ucapnya.
🐆


Liputan6.com, Jakarta - Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Said Aqil Siradj mengatakan, tak sedikit universitas yang terpapar paham radikalisme.
“Tidak banyak, boleh saya (bilang) semua. Semua universitas sudah terpapar,” kata Said di kantor Wapres, Jakarta, Selasa (10/12/2019).
Dia menuturkan, mereka yang terpapar radikalisme menjadi berpikir eksklusif serta puritan. Setelah itu akan meningkat menjadi intoleran.
“Mulai ekstrem kalau intoleran. Dimulai intoleran akan terjadi radikal, kemudian jadi teror,” jelas Said.
Dia menuturkan, ini menjadi tanggung jawab dari rektor di seluruh universitas untuk menangani masalah radikalisme. Juga menjadi pekerjaan besar bagi Menteri Pendidikan Nadhiem Makarim.
“Tanggug jawab rektor dan Menteri Pendidikan dalam hal ini. Pak Natsir (Menteri Pendidikan sebelumnya) sudah berbuat banyak. Dan menteri sekarang harus lebih tegas lagi menindaklanjuti kebijakan Pak Natsir. Rektornya dulu yang tegas,” ucap Said.

2 dari 3 halaman

Bukan Imbas dari Diskusi

Dia mengungkapkan, mereka yang terpapar ini bukan karena imbas dari diskusi. Hal itu bisa terlihat dari perilaku mereka selama berinteraksi dalam kampus.
“Tapi kan bisa dilihat geraknya di kampus, mahasiswa ini,” pungkasnya.
🐌


TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bungkam mengenai nama 40 masjiddi Jakarta yang disebut terindikasi menyebarkan paham radikalisme. Pemerintah, kata Sandiaga, telah mengantongi nama-nama masjid tersebut.
"Ini data yang kami pegang tentunya akan kami pastikan ada pembinaan, tapi kami tidak bisa mengumbar nama masjidnya," ucap Sandiaga ketika ditemui di Balai Kota, Jakarta Pusat, pada Rabu, 6 Juni 2018.
Sandiaga Uno mengklaim terdapat 40 masjid di Jakarta yang terindikasi menyuburkan paham radikalisme. Data-data masjid tersebut, kata dia, telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo, beberapa waktu lalu.
Sandiaga berujar 40 masjid tersebut terindikasi menyebarkan ujaran kebencian.
"Banyak (indikasinya), mungkin dari ujarannya yang memecah belah, kebencian, dan sebagainya," ucap Sandiaga.
Pada saat ini, kata Sandiaga Uno, Pemerintah Provinsi DKI telah mengambil langkah-langkah untuk mendorong pengelola masjid menggelar kegiatan positif dan mencegah penyebaran radikalisme. Menurut dia, pembinaan yang diawasi langsung olehnya tersebut menyangkut pemberdayaan dan membangkitkan perekonomian di masjid.
🌼

KUMPARAN: 14 Lembaga kemanusiaan yang tergabung dalam Humanitarian Forum Indonesia (HFI) mengutuk aksi terorisme yang terjadi di sejumlah gereja di Kota Surabaya dan insiden kerusuhan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. 
"Mengecam segala bentuk kekerasan dan teror dengan menghilangkan nyawa orang lain ataupun nyawanya sendiri," ujar Direktur Eksekutif HFI, Surya Rahman M dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/5).
Surya mengatakan, aksi terorisme dianggap sebagai sebuah peristiwa yang mengoyak nilai-nilai kemanusiaan. "Tidak ada satu agama pun yang mengajarkan bunuh diri sebagai salah satu jalan dalam membuktikan keimanan seseorang," imbuhnya.

Surya meminta agar pemerintah lebih serius dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat, serta mengusut tuntas aksi terorisme. Surya juga mendorong adanya kerjasama internasional dalam menuntaskan jaringan teroris internasional.
"Terorisme bukan lagi menjadi ancaman satu negara saja, tetapi merupakan musuh dunia, sehingga diperlukan kerjasama internasional yang solid, serta kerja keras pihak keamanan dan unsur-unsur yang terkait untuk segera mengusut tuntas kasus ini dengan akuntabel," jelasnya.

Selain itu, Surya meminta agar para elite pemerintah dan politik untuk tidak mengeluarkan pernyataan yang dapat memperkeruh suasana . Masyarakat juga diminta untuk tenang dan waspada.
"Kerjasama dari seluruh pihak dan optimisme dalam memerangi terorisme menjadi penting dalam menjaga perdamaian di muka bumi ini," pungkasnya.

Humanitarian Forum Indonesia (HFI) sendiri merupakan forum dari 14 lembaga kemanusiaan yang berbasis agama, yakni Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah (LPB Muhammadiyah/ MDMC), Dompet Dhuafa, Yayasan Tanggul Bencana Indonesia, dan Yakkum Emergency Unit.
Kemudian, Wahana Visi Indonesia, KARINA (Caritas Indonesia), Perkumpulan Peningkatan Keberdayaan Masyarakat, PKPU Human Initiatve, Church World Services Indonesia, Habitat for Humanity Indonesia, dan Rebana Indonesia. 


🍛
Jakarta – Lima daerah di Indonesia mempunyai potensi radikalisme yang cukup tinggi. Kelima daerah itu, adalah Bengkulu, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Lampung, dan Kalimantan Utara. Hal itu berdasarkan survei yang dilakukan Badan Nasional Pencegahan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) di 32 provinsi.
Hal itu dikatakan Kepala BNPT, Komjen Suhardi Alius saat membuka seminar hasil survei nasional daya tangkal masyarakat terhadap radikalisme di 32 provinsi di Indonesia tahun 2017, di Jakarta, Senin (27/11).
“Survei nasional ini merupakan dari bagian upaya BNPT dengan memberdayakan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) yang ada di 32 provinsi untuk mengetahui kondisi riil masyarakat tentang potensi radikalisme yang ada di masing-masing daerah. Ada lima daerah yang tidak kita duga sebelumnya, ternyata potensi radikalnya cukup tinggi,” ujar Kepala BNPT.
Mantan Sekretaris Utama (Sestama) Lemhanas ini menjelaskan, survei nasional ini juga untuk memotret secara lebih dekat, tentang kemampuan masyarakat untuk menangkal perkembangan radikalisme tersebut, agar tidak sampai berkembang di masyarakat.
“Secara khusus, survei nasional ini menguji beberapa variabel yang bisa dijadikan sebagai daya tangkal masyarakat terhadap radikalisme, baik dalam dimensi pemahaman, sikap maupun tindakan. Variabel-variabel tersebut yaitu kepercayaan terhadap hukum, kesejahteraan, pertahanan dan keamanan, keadilan, kebebasan, profil keagamaan dan kearifan lokal,” ujar mantan Kabareskrim Polri ini.
Lebih lanjut mantan Kapolda Jawa Barat ini menjelaskan, dari hasil survei yang melibatkan sebanyak 9.600 responden ini, terlihat sudah cukup memprihatinkan. Apalagi angka yang perlu diwaspadai yaitu angka 58 dari rentang 0-100.
“Artinya memang paham itu dengan seiring kemajuan teknologi informasi digital yamg luar biasa, ternyata banyak sekali pengaruhnya. Dan itu banyak sekali variablenya. Oleh sabab itu dengan melihat data hasil survei kita butuh peran serta dari 34 Kementerian/Lembaga (K/L) terkait,” ujar pria kelahiran Jakarta.
Mantan Kadiv Humas Polri ini mengemukakan, yang paling mengemuka dari hasil temuan ini bertumpu kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Kementerian Agama (Kemag).
“Kedua kementerian ini harus ikut bertanggung jawab. Kita selesaikan dan diskusikan bersama-sama di forum ini, apa yang mesti kita perbuat, program apa dari Kemdikbud dan Kemag yang akan kita mainkan khususnya di sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA). Karena hasil survei menujukkan di tingkat itu yang mudah dicuci otak oleh kelompok radikal di media sosial,” ujarnya.
Untuk itu, menurutnya, BNPT sebagai lembaga pemerintah yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan keseluruhan K/L yang terlibat dalam masalah pencegahan paham radikal terorisme ini akan membuat tabel mengenai apa peranan dari K/L terkait.
“Contohnya apa sih peranan Kemdikbud dan apa peranan Kemag. Nanti kita bisa secara bersama memberikan treatment yang benar, solusi yang terbaik kalau kita tidak mampu mengidentifikasi dari awal masalahnya. Jadi masing-masing daerah punya treatment yang pas dengan ini,” tutur mantan Wakapolda Metro Jaya ini.
Salah satu anggota kelompok ahli BNPT bidang agama, Nazaruddin Umar kaget dengan temuan di hasil survei tersebut, bahwa lima posisi teratas provinsi yang tidak diduga sebelumnya ternyata memiliki daya tangkal yang rendah dan memiliki potensi radikal yang begitu tinggi.
“Apalagi penelitian yang dilakukan oleh BNPT dan The Nusa Institute dengan mengambil 9.600 responden dari 32 provinsi ini menarik untuk dikaji, mengingat margin errornya hanya 0,7 persen dan tingkat kepekaanya mencapai angka 91,5 %. persen. Jadi ini sangat valid,” ujar pria yang juga imam besar Masjid Istiqlal ini.
Menurutnya, hasil survei ini menarik dikaji karena banyak sekali kejutan-kejutan dalam survei ini karena justru lima wilayah yang tidak pernah disangka sebelumnya justru menduduki posisi paling tinggi tingkat potensi radikal dan rendah daya tangkalnya di masyarakat.
“Pertama provinsi Bengkulu angkanya 58,58 % disusul
Gorontalo 58, 48 %,
Sulawesi Selatan 58,42 %,
Lampung 58,38%, dan
Kalimantan Utara 58,30 %.
Malah justru Sulawesi Tengah yang ada Poso justru berada di papan bawah. Jadi ini pertanda bahwa Poso itu sebenarnya masyarakat umumnya tidak radikal, tetapi pendatangnya yang akhirnya isu-isu dan fakto-faktor lain membuat Poso teridentifikasi radikal,” kata Nazaruddin.
Dengan melihat hasil tersebut menurutnya, angka di atas 50 % tersebut bisa dibilang sebagai warning buat bangsa Indonesia dan jangan menganggap masalah tersebut adalah hal sepele. “Kita tidak boleh 'mengkucingkan harimau', dan kita tidak boleh 'mengharimaukan kucing'. Data data yang ditampilkan ini adalah sangat riil,” ujar pria kelahiran Bone ini.
Dia mencontohkan, di Mesir yang selama ini orang melihat tidak terjadi gejolak, ternyata Jumat (24/11) terjadi peristiwa pengeboman di masjid yang memakan lebih dari 300 lebih korban meninggal.
“Tentunya kita tidak mau kecolongan. Apa yang dilakukan BNPT tentuanya sesuai dengan data. Orang tentunya tidak percaya seperti Bengkulu, Gorontalo tidak populer dalam masalah radikalisme. Namun, data kami membuktikan lima besar daerah itu perlu dicermati,” ucapnya.
Untuk itu, menurutnya, betapa pentingnya kita melakukan langkah-langkah untuk sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA yang mana dari hasil survei dua tingkat pendidikan itu sangat rentan disusupi paham radikal terorisme. “Jadi makin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka makin kurang tingkat radikalnya. Misalnya S1 18,4 %, S2 0,9 %, bahkan S3 hampir 0%. Jadi tingkat SMP dan SMA ini perlu dicermati,” tuturnya.
Mantan wakil Menteri Agama ini mengatakan, sudah saatnya sekarang ini pendekatan dalam penanganan radikalisme terorisme jangan sporadis dan jangan juga parsial. Dimana sporadis itu hanya daerah tertenu yang aktif, tetapi daerah lainnya tidak dan parsial menurutnya masing-masing mau melakukan sesuai bidangnya masing-masing tanpa mau melakukan koordinasi,.
“Kami tahu persis bagaimana Kepala BNPT ini sejak dulu menggalang kemitraan bersama-sama bahkan bukan hanya sesama pemerintah, tetapi juga dengan ormas-ormas keagamaan, ormas-ormas sosial yang lain itu kita jalin kerjasamanya untuk meredam ini,” ujarnya.
Apa yang dilakukan BNPT, menurutnya, telah banyak mendatangkan hasil jika dibandingkan dengan negara-negara lain. “Banyak sekali negara negara lain yang datang ke Indonesia untuk belajar. Alhamdulillah, keberhasilan BNPT selama ini menjadi tempat belajarnya negara-negara yang besar untuk datang ke sini untuk belajar seperti apa yang BNPT lakukan,” ujar mantan Dirjen Bimas Islam Kemenag ini mengakhiri.
Deputi I bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir menjelaskan, dalam survei tersebut masing-masing provinsi diambil sebanyak 5 kabupaten/kota dengan melibatkan berbagai komponen.
“Masing-masing kabupaten/kota ini diambil 5 kecamatan dan masing-masing kecamatan diambil 5 desa/kelurahan. Dan masing-masing desa/kelurahan diambil 12 responden. Adapun total jumlah responden sebanyak 9.600 orang,” ujar Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir.
Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan oleh BNPT bekerja sama dengan FKPT, The Nusa Institute, Daulat Bangsa dan Kementerian Agama. Survei Nasional ini merupakan policy research yang menghasilkan data secara kuantitatif, tentang peta potensi radikalisme di 32 provinsi.



Sumber: PR


🍎
SURABAYA - Sebanyak 77 Presiden Mahasiswa Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia membacakan Deklarasi Surabaya untuk menolak dan melawan segala bentuk paham atau tindakan radikalisme yang membahayakan Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Deklarasi Surabaya dilatarbelakangi rasa keprihatinan DEMA akan kondisi bangsa dan negara Indonesia. Deklarasi Surabaya dibacakan pada penutupan Temu DEMA PTKI Se Indonesia yang berlangsung di Hotel Verwood Surabaya, Selasa (31/10/2017.

Deklarasi Surabaya dibacakan oleh Ketua DEMA IAIN Bukittinggi, Dodo Fernando. Sebelum pembacaan Deklarasi Surabaya, para presiden mahasiswa dari 56 PTKIN dan 21 PTKIS se-Indonesia ini serempak membacakan Ikrar Sumpah Pemuda, untuk mengambil spirit para pejuang pemuda Indonesia.

Berikut isi lengkap Deklarasi Mahasiswa PTKI Melawan Radikalisme di Surabaya:
Kami Dewan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tnggi Keagamaan Islam (PTKI) Se Indonesia menyatakan sikap:
1. Meneguhkan rasa persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Indoneia.
2. Mendorong perbaikan sistem pendidikan dan menolak segala bentuk komersialisasi     di dalamnya.
3. Mendesak pemerintah segara mewujudan kemandirian ekonomi dan kesejahteraan     sosial seluruh masyarakat Indonesia.
4. Menuntut ketegasan dan keadilan hukum dalam berbagai aspek.
5. Menyerukan kepada seluru pemuda dan mahasiswa Indonesia untuk berperan aktif      dalam berkonribusi membangun bangsa dan negara.
6. Menolak dan melawan segala bentuk paham atau tindakan intoleransi, radikal, anti      NKRI dan anti Pancasila.

Menanggapi Deklarasi Surabaya itu, Kepala Seksi Kemahasiswa Direktorat PTKI Kementerian Agama Ruchman Basori menyambut baik dan gembira bahwa mahasiwa UIN, IAIN, STAIN, dan PTKIS binaan Kementerian Agama, memiliki kepedulian, komitmen dan semangat kebangsaan yang tinggi. 

“Bagi saya Deklarasi Surabaya merupakan refleksi mendalam untuk menggugah kepedulian, meneguhkan komitmen, serta keinginan berkontribusi menyelesaikan problem-problem kebangsaan,” tuturnya.
(thm) sindonews
🍎

Jakarta detik- DPR mengesahkan Perppu Nomor 2/2017 menjadi UU. Kini Perppu tentang ormas resmi menjadi undang-undang menggantikan UU nomor 17 tahun 2013.

Pengambilan keputusan pengesahan Perppu Ormas menjadi UU dilakukan dalam rapat paripurna yang digelar di DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/10/2017). Rapat sempat berjalan alot karena sikap fraksi mengenai Perppu ini terbelah.

Ada 3 peta kekuatan terkait sikap fraksi dalam Perppu Ormas. PDIP, Hanura, NasDem, dan Golkar telah menyatakan mendukung perppu itu disahkan menjadi undang-undang pengganti UU No 17 tahun 2013 tentang Ormas.

Kemudian 3 fraksi yaitu PKB, Demokrat, dan PPP juga mengatakan setuju Perppu Ormas disahkan menjadi UU namun dengan catatan. Mereka meminta dilakukan revisi bila UU itu disahkan menjadi UU. Sementara itu Gerindra, PKS, dan PAN masih tegas konsisten sejak awal menyatakan menolak Perppu Ormas.


Dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon ini, sejumlah anggota dewan menyampaikan pandangan. Sikapnya sama seperti dengan sikap resmi masing-masing fraksi.

Rapat sidang paripurna juga sempat diskors untuk lobi-lobi. Hadir dalam sidang Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkum HAM Yasonna Laoly, dan Menkominfo Rudiantara.

Hasilnya, 7 fraksi sepakat dengan Perppu Ormas namun dengan catatan akan ada revisi setelah disahkan menjadi UU. Namun 3 fraksi yakni PAN, Gerindra, dan PAN tetap tegas menolak.

Voting pun kemudian dilakukan. Dengan 7 fraksi melawan 3 fraksi, Perppu Ormas akhirnya disepakati untuk menjadi UU.


"Dari total 445 yang hadir, setuju 314, 131 anggota tidak setuju . Maka rapat paripurna menyetujui Perppu nomor 2/2017 tentang ormas menjadi UU," kata Fadli sambil mengetuk palu tanda pengesahan.

Saat awal sidang, hanya ada 293 dari total 560 anggota DPR yang hadir di paripurna. Penghitungan voting didasarkan pada jumlah anggota masing-masing fraksi.

Perppu ini mengatur soal ormas. Salah satu aturan yang mencolok dalam perppu ini adalah soal pembubaran ormas yang dianggap radikal atau bertentangan dengan ideologi Pancasila tanpa melalui jalur pengadilan. Sejak bergulir atau diterbitkan pemerintah pada Juli 2017, Perppu Ormas memang telah menuai banyak pertentangan, terutama dari ormas yang berbasis agama Islam.

Satu ormas telah dibubarkan dengan dasar Perppu itu yakni Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Perppu Ormas dibawa ke Mahkamah Konstitusi oleh HTI dalam rangka judicial review. Selain itu, HTI juga melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) atas dicabutnya status badan hukum HTI melalui Perppu Ormas.


Dalam upaya pengesahan Perppu Ormas menjadi UU, lobi-lobi telah dilakukan antar-fraksi dan juga oleh pemerintah kepada DPR. Pemerintah sendiri masih membuka pintu dengan berbagai masukan selama poin soal ideologi Pancasila tidak diganggu gugat, termasuk soal revisi bila perppu disahkan menjadi undang-undang.

"Kami dari pemerintah yang penting musyawarah mufakat dulu, apa pun ini menyangkut ideologi Pancasila, negara punya aturan, dan Pancasila itu komitmen bukan hanya pemerintah, tapi juga anggota DPR, seluruh fraksi-fraksi seluruh partai politik saya kira sudah komitmen dengan namanya Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," tegas Mendagri Tjahjo Kumolo, Senin (23/10).

"Soal mau revisi oke, tapi apa dulu dong revisinya? Oke saja kalau misalnya mengenai hukuman oke. Tapi yang sudah final ya Pancasila. Jangan ada agenda lain di luar Pancasila, harus dicantumkan Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI itu prinsip sudah final," imbuh dia.

Berikut hasil voting masing-masing fraksi:

PDIP: 108
Golkar: 71
Gerindra: -
Demokrat: 42
PAN: -
PKB: 32
PKS: -
PPP: 23
NasDem: 23
Hanura: 15


(elz/fdn)

🐦
Merdeka.com Pidato Gubernur DKIJakarta
 Anies Baswedan di hadapan warga Jakarta pada Senin (16/10) yang menyinggung kata 'pribumi' terus menggulirkan bola panas di masyarakat. Akibat pidato perdananya sebagai Gubernur DKI Jakarta tersebut, Anies tak hanya dilaporkan ke Polda Metro Jaya, namun turut pula dilaporkan ke Bareskrim Polri. 

Kali ini, masyarakat yang mengatasnamakan Komunitas Anak Bangsa, menggelar aksi demostrasi di depan Balai Kota DKI Jakarta. Koordinator aksi, Andreas Rehiary, menegaskan pidato gubernur DKI saat itu mengandung rasisme karena mengungkit kembali kata 'pribumi'.

"Harusnya dia sebagai gubernur bijak dalam menyampaikan kata-kata menyampaikan statement. Ternyata beliau keseleo akhirnya menyampaikan hal-hal yang menyinggung, beberapa warga masyarakat yang tersinggung dan ini dampaknya bisa terjadi perpecahan antar-bangsa. Itu enggak profesional," tegas Andreas.
Andreas menegaskan permintaan maaf dari Anies tidaklah cukup, ia meminta agar Anies diproses secara hukum. "Dia harus diproses secara hukum sehingga tidak berdampak ke orang-orang yang berikut. Nanti muncul Anies- Anies Baswedan yang lain," katanya.

Dia menegaskan siap mengawal proses hukum yang ada sampai proses hukumnya benar-benar selesai. Sebab, ini guna mematuhi instruksi Presiden (inpres) no 26 tahun 1998 terkait menghentikan penggunaan istilah pribumi dan non pribumi. [rzk]
🐥
media Indonesia: SEBANYAK 5.000 mahasiswa se-Sumatra Selatan (Sumsel) melakukan deklarasi menolak radikalisme dan paham khilafah masuk kampus. Mereka yang datang pada acara Apel Akbar Pancasila dan Bela Negara se-Sumsel di Lapangan Hijau UIN Raden Fatah, Palembang, kemarin, merupakan perwakilan dari 23 kampus untuk menjadi agen Pancasila dan bela negara.
“Tadi kita ikut menyaksikan bagaimana ikrar mereka yang tetap setia pada Undang-Undang Dasar 1945, setia kepada NKRI, setia kepada Bhinneka Tunggal Ika yang juga ada ikrar bela negara untuk bagaimana mereka sudah siap untuk setia membela negara dengan ideologi Pancasilanya,” kata Menko Polhukam Wiranto, yang menghadiri acara deklarasi tersebut.
Sebelumnya, Ketua Dewan Mahasiswa UIN Raden Fatah Herman Tandjung yang mewakili para mahasiswa yang berasal dari 23 perguruan tinggi se-Sumsel itu menyatakan dalam ikrarnya untuk menolak radikalisme dan paham khilafah untuk masuk ke kampus-kampus mereka.
Sebagai bukti kesungguhan para mahasiswa, yang diwakilkan lima BEM dari kampus se-Sumsel, mereka menandatangani prasasti ikrar Pancasila dan bela negara yang antara lain menegaskan komitmen menolak radikalisme dan paham khilafah masuk ke kampus. Pada kesempatan tersebut, Wiranto turut menandatangani prasasti sebagai wujud dukungan dan apresiasi kepada komitmen para mahasiswa.
Wiranto mengatakan pernyataan-pernyataan yang sangat heroik dari para mahasiswa tersebut menunjukkan kesan anak muda sekarang sudah mulai luntur soal pemahaman Pancasila dan bela negara itu tidak benar. Sebaliknya, para anak muda tersebut sangat bersemangat, sangat berdisiplin, berdiri dari pagi sampai siang mendengarkan berbagai masukan tentang Pancasila dan bela negara hingga bergeming.
"Bahkan, saya minta mereka duduk, itu karena saya merasa kita punya satu semangat yang sama dan merupakan satu semangat yang tentu dijiwai anjuran Presiden Jokowi untuk kita mulai melaksanakan revolusi mental secara sungguh-sungguh,” kata Wiranto.
Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan apresiasi kepada Rektor UIN Raden Fatah Muhammad Sirozi serta seluruh mahasiswa UIN Raden Fatah yang telah memprakarsai apel ini. Ia berharap daerah lain juga akan melakukan hal serupa.
Picu pertikaian
Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mengingatkan masih banyak pers yang justru menimbulkan pertikaian dalam masyarakat. Kondisi ini disebabkan banyak media yang digunakan untuk kepentingan pihak-pihak tertentu.
Dalam kegiatan Literasi Media sebagai Upaya Cegah dan Tangkal Radikalisme dan Terorisme di Masyarakat yang diselengarakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Jawa Barat bertempat di Hotel Grand Asrilia, Bandung, kemarin, Yosep juga menyinggung kebiasaan berapa media mainstream yang menjadikan informasi di media sosial yang belum jelas sebagai bahan berita.
Kebiasaan media tersebut, menurutnya, bukan memberikan pencerahan kepada masyarakat, melainkan malah membohongi mereka. (BU/YH/E-4)
💂

BBC: Terpidana kasus terorisme, Aman Abdurrahman, dibawa ke Markas Komando Brimob di Depok, Jawa Barat, empat hari sebelum dia menerima remisi hari kemerdekaan dan menjalani pembebasan bersyarat, Kamis (17/08).
Langkah itu tampaknya karena kepolisian tidak ingin memberi kesempatan bagi Aman untuk menyebarkan ideologi jihadnya di luar penjara.
"Mungkin itu basis argumentasi kepolisian, yaitu kekhawatiran penyebaran pengaruh Aman di tengah masyarakat," kata Taufik Andrie, peneliti di Institute for International Peace Building.
Taufik menambahkan bahwa Aman merupakan terpidana kasus terorisme pertama yang langsung dijerat perkara teror lain setelah bebas secara hukum.
Bebas dua tahun lagi, terduga otak serangan Thamrin masih radikal
Terduga otak serangan Thamrin belum diselidiki
Basri ditangkap, Santoso tewas, bagaimana radikalisme di Poso?
Sebagai perbandingan, Taufik menyebut Abu Bakar Ba'asyir divonis bersalah pada kasus pelatihan teror di Aceh pada 2011 atau enam tahun setelah bebas dari pemidanaan kasus teror Bom Bali.
Adapun Toni Tegar -terpidana kasus teror di Medan tahun 2000- dan pelaku teror di Poso, Basri, dibawa ke pengadilan untuk kedua kalinya saat mereka masih menjalani masa pemidanaan kasus pertama.
Abu Bakar Ba'asyirHak atas fotoULET IFANSASTI/GETTY IMAGES
Image caption
Aman Abdurrahman dipidana kasus teror yang sama dengan Abu Bakar Ba'asyir. Keduanya selama ini dipenjara di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.
Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto, menyebut kepolisian memang tidak ingin bersusah payah menangkap Aman lagi setelah pembebasan bersyarat. "Kalau dia bebas, nanti kami susah lagi mencarinya," ujarnya kepada BBC Indonesia.
Setyo menuturkan, penangkapan berkaitan dengan dugaan keterlibatan Aman pada serangan di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Januari 2016. Densus Antiteror 88, jelas Setyo, memiliki tujuh hari untuk menahan dan menetapkan Aman menjadi tersangka.
Sejumlah orang telah divonis bersalah pada aksi teror yang menewaskan empat orang, antara lain penyedia material bom, Dodi Suridi, yang dijatuhi masa penjara selama 10 tahun dan Ali Hamka, pemasok senjata api dan amunisi dengan empat tahun penjara.
"Ada beberapa orang yang punya kaitan dan diduga terlibat kasus itu tapi belum ditangani. Kedaluwarsa kasus terorisme cukup lama," kata Setyo.
Tokoh sentral
Merujuk sejumlah penelitiannya, Taufik menyebut Aman merupakan figur penting pada berbagai aksi teror di Indonesia dalam rentang 2013 hingga 2016. Ia berkata, Aman mengendalikan seluruh teror itu tatkala mendekam di Nusa Kambangan, Jawa Tengah, akibat vonis kasus pelatihan militer di Aceh tahun 2010.
"Aman adalah pemimpin ideologi yang memberi inspirasi, fatwa, dan instruksi yang membuat pergerakan pendukung ISIS berubah. Daya pengaruhnya luar biasa," kata Taufik.
Pria itu -sebelum tahun 2013- merupakan pemimpin Tauhid Wal Jihad, kelompok yang aktif mendakwahkan tauhid dan mempropagandakan jihad.
Jakarta, Thamrin
Image caption
Empat warga sipil tewas akibat serangan teroris di kawasan Sarinah, Jakarta, pada 14 Januari 2016.
Taufik mengatakan, pada 2013 Aman berubah haluan dari pendukung Abu Muhammad Al Maqdisi menjadi penyokong ISIS dan disebut membidani kelahiran sejumlah kelompok ekstrem, seperti Jamaah Ansharut Daulah dan Jamaah Ansharut Daulah Khilafah Nusantara.
"Dia memberi pengaruh dengan cara memproduksi karya terjemahan dan fatwa verbal," ujar Taufik tentang pria yang menguasai bahasa Arab tersebut.
Terkait kasus Thamrin, Taufik menyebut sejumlah pelaku dan saksi menyebut nama Aman dalam persidangan namun kepolisian perlu membuktikan keterangan tersebut untuk kembali menjerat Aman.
"Keterangan itu harus diuji di persidangan," ujarnya.
Divonis 10 tahun penjara, pemasok bom Sarinah tertawa
Serangan Sarinah, polisi tangkap 12 orang termasuk penerima 'dana ISIS'
Hamil tua, calon 'pengebom bunuh diri' Istana Presiden minta segera divonis
Ketika dikonfirmasi, Setyo enggan memaparkan penyelidikan yang selama ini digelar untuk mengungkap peran Aman dalam kasus Thamrin. "Dalam pemeriksaan lebih lanjut akan terjawab, sekarang masih didalami Densus 88," ucap Setyo.
Menurut catatan, Aman pertama kali dipenjara pada 2005. Kala itu ia divonis penjara selama tujuh tahun akibat kepemilikan bahan peledak. Setahun sebelumnya ia ditangkap setelah bom meledak di rumahnya di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat.
Pada 2010, Densus 88 menangkap Aman atas tuduhan membiayai pelatihan kelompok teror di Jantho, Aceh Besar, kasus yang menjerat puluhan orang, termasuk Abu Bakar Ba'asyir.
Dalam kasus itu Aman divonis sembilan tahun penjara.
👮
Jakarta - Pemerintah resmi menerbitkan peraturan pengganti UU (Perppu) 2/2017. Perppu ini untuk menggantikan UU 17/2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan. 

"Pemerintah merasa perlu menerbitkan Perppu 2/2017 tentang perubahan atas UU 17/2013 mengenai Organisasi Kemasyarakatan pada 10 Juli 2017. Sudah dikeluarkan 2 hari yang lalu," kata Menko Polhukam Wiranto dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (12/7/2017). 

Wiranto mengatakan bahwa 341/039 ormas yang ada di Indonesia perlu diberdayakan dan dibina. Namun, masih ada kegiatan ormas yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. Hal ini yang menjadi alasan pemerintah menerbitkan Perppu. 

"UU 17/2013 tentang Ormas telah tidak lagi memadai sebagai sarana mencegah ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945," ucapnya. 

Pemeritah melihat kekosongan hukum tersebut tidak dapat diatasi dengan membuat UU baru. Alasannya, penyusunan UU baru membutuhkan waktu lama. 

"Kalau tunggu UU baru, waktunya lama. Tidak bisa segera diatasi," ujar Wiranto. 

Dia menegaskan Perppu ini bukan untuk membatasi kewenangan ormas, apalagi mendiskreditkan ormas Islam. "Perppu ini justru untuk merawat persatuan dan kesatuan," pungkas Wiranto. 


(imk/fjp)


SETELAH sekian lama menjadi polemik di masyarakat, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Pembubaran Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) akhirnya ditandatangani Presiden Joko Widodo.
Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Sapto Pribowo mengemukakan hal tersebut kepada awak media di Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin.
“Saya tanya kepada Presiden soal Perppu Ormas itu. Jawaban Presiden mungkin besok (hari ini) disampaikan Pak Menko Polhukam (Wiranto). Menko Polhukam lebih tahu detailnya,” kata Johan Budi.
Seusai bertemu Jokowi kemarin, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj juga mengatakan Presiden lebih memilih opsi mengeluarkan perppu untuk membubarkan ormas radikal.
“Perppu sudah diteken Presiden. Besok (hari ini) akan dibacakan. Saya nggak tahu isi perppu pembubaran ormas tersebut, termasuk ormas radikal mana yang akan dibubarkan. Saya nanti usul lagi (kepada Presiden) kalau kurang (banyak ormas yang dibubarkan),” ujar Said Aqil.
Sebelumnya, di awal Juni lalu, Mendagri Tjahjo Kumolo memastikan proses persiapan Perppu Pembubaran Ormas sudah matang, tinggal menunggu pengumuman Menko Polhukam Wiranto.
“Tinggal menanti hari H. Pemerintah sudah mengumpulkan masukan dan bukti-bukti dari Kesbangpol, BIN, dan kejaksaan. Tinggal mengambil sikap,” ungkap Tjahjo (Media Indonesia, 2/6).
Menko Polhukam Wiranto menambahkan, upaya pembubaran ormas seperti Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) disebabkan mereka sebagai ormas berbadan hukum tidak melaksanakan peran positif untuk mengambil bagian dalam proses pembangunan untuk mencapai tujuan nasional.
Langkah pembubaran HTI tersebut ditempuh untuk mencegah berbagai embrio yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat serta eksistensi Indonesia sebagai bangsa yang sedang membangun dan berjuang mencapai tujuan nasional.


“Selama ini kegiatan yang dilaksanakan HTI terindikasi kuat bertentangan dengan tujuan, asas, dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas,” tandas Wiranto.
Saat menanggapi penerbitan Perppu Pembubaran Ormas, Wakil Ke­tua DPR Agus Hermanto mengata­kan parlemen akan membahas perppu itu dalam sekali masa sidang.
“Pembahasan itu untuk menentukan apakah perppu tersebut diterima atau tidak. Kan dibacakan dulu, baru disampaikan ke DPR. Setelah itu dibahas di DPR dalam satu kali masa sidang paling lama untuk menentukan diterima atau ditolak,” tutur Agus.
Agus mengaku belum mengetahui isi perppu tersebut sehingga dia tidak bisa berkomentar banyak.
“Kita tunggu saja. Kita lihat ­perppunya seperti apa, bunyinya seperti apa. Selain itu, perppu juga harus sampai ke DPR terlebih dulu, baru kami bisa bahas. Kami sekarang belum mengetahui barangnya, masak kami mau omongin.”

Ketua Komnas HAM Imdadun Rahmat mendukung langkah pemerintah menerbitkan Perppu Pembubaran Ormas. “­Seharusnya cepat saja. Pemerintah mesti segera bersikap kalau memiliki opsi pembubaran HTI lewat peraturan pemerintah pengganti undang-undang.” (Nov/Nur/Ant/X-3)
👮👮👄👏💟
JAKARTA okezone - Pengamat terorisme dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Zaki Mubarak mengatakan, maraknya aksi teror di Indonesia merupakan buah kegagalan program deradikasasi yang dicanangan pemerintah. Bukan hanya bagi warga pada umumnya, tetapi juga bagi para narapidana di dalam lembaga pemasyarakatan.
"Bermunculannya teroris itu menunjukan bahwa program deradikalisasi gagal, terutama yang di lapas justru teroris yang biasa malah semakin radikal kemudian di penjara juga mempengaruhi pelaku kriminal yang lain yang bukan teroris setelah itu mereka malah menjadi teroris yang lebih kejam," kata Zaki kepada Okezone, Senin (26/12/2016).
Selain itu, kata Zaki, pemerintah juga gagal dalam merehabiltasi para mantan narapidana kasus terorisme. Sehingga mereka kembali berinteraksi dan bergabung dengan teman-temannya melakukan aksi terorisme.
"Jadi, seharusnya mantan teroris yang keluar dari penjara mestinya dikawal, dibina, diberdayakan secara ekonomi, sosial, budaya sehingga bisa hidup laik dan diterima oleh masyarakat dan bisa memenuhi kebutuhan ekonominya," ujar Zaki
Zaki menambahkan, sebaiknya kepolisian tidak menggunakan cara represif dalam menangani terorisme. Dia menyarankan pemerintah supaya melibatkan masyarakat dalam melakukan deradikalisasi dengan cara menggunakan metode kultural, sosiologis dan keagamaan.
"Peran Densus jangan di depan tapi di belakang, biarlah masyarakat diberdayakan atau elemen-elemen sosial diberdayakan dengan pendekatan yang lebih persuasif, sosiologis dan kultural dengan pendekatan keagamaan," pungkasnya.
(Ari)
🙏

Extremism is about much more than simple ideological indoctrination - it's rooted in all the many complex factors that make up people's lives. That's why understanding and countering radicalization among young people needs to take a much more personalized, localized approach. This is the central insight behind "Extreme Dialogue," a major new anti-radicalization initiative that launched its German arm this week at an event in the small northwestern town of Vechta.
"The academic studies of hate crimes often tend to conclude that this is an ideological issue, or a religious issue - something on the level of philosophical thinking - which you then counter, discuss and debate," said Harald Weilnböck, de-radicalization director at Cultures Interactive, the German partner in the project.
"If you talk to practitioners, you know that this just does not work," he said. "We've all met extremist people. Whenever you discuss with them, you realize you just don't get anywhere. We have to think of a different approach in our methodology."
The methodology developed by this project is based on stories, emotional intelligence, real-life experience, and trust - brought into classrooms and workshops with the help of different kinds of media.

Critical thinking
This is all supported by Extreme Dialogue's internet platform - co-funded by the European Union - that offers free educational resources in various languages and various formats. Central to it are a series of short films about people whose lives have been affected by extremism of all stripes. These films tell the stories of people like Billy McCurrie, who joined a Northern Irish paramilitary group after his son was murdered by the IRA, or Daniel Gallant, a former Canadian neo-Nazi responsible for countless acts of violence, and who tells of how he even co-opted Islamist material as part of his recruitment among young people.
One of the most moving videos is about Christianne Boudreau, whose son Damian Clairmont left their home in Canada and was killed fighting for "Islamic State" in Syria in January 2014. She has since begun working with families facing radicalization around the world as part of a network called "Mothers for Life." Boudreau says the crucial part of the Extreme Dialogue project is the critical thinking it brings into the classroom.
"The kids are set free on the internet - you can try to block whatever information you want, but they're still going to be curious," she told DW. "So by introducing the topic in a safe environment and giving them the critical thinking skills, it allows them to experience the types of feelings they would encounter if they were approached by someone from an extremist group trying to recruit them. Then they can recognize the thought processes that are involved in recruitment."
Boudreau's experience with young people has shown that they often already know a lot about it. "People often don't realize how much thought they've already put into [extremism], because it's so prominent in the media," she said.Dealing with radicalization has become a new focus in schools
Because the Extreme Dialogue films are so emotionally engaging, she added, "it often opens them up with an awful lot of questions which they just haven't found an appropriate place to ask before. But this is a safe environment where they won't be judged, there won't be stigmatization, and it allows them to ask difficult questions that most people shy away from."
New dimension
To back up these films, the website offers a whole raft of educational material, including a series of lesson plans for teachers to draw on - which is what, according to Weilnböck, sets Extreme Dialogue apart from the work of other German de-radicalization organizations, notably the Berlin-based Violence Prevention Network (VPN).
"[VPN] are strictly focused on face-to-face work," he said. "Germany has been doing it since the 90s, really, and since 2001, when Chancellor [Gerhard] Schröder put it into law that 20 million euros [$21 million] a year would be put into fighting extremism - but that was mostly put into preventing neo-Nazism, especially in the east."
Personal counseling, he added, was the focus of most de-radicalization projects in Germany, but Extreme Dialogue's videos and materials added a new dimension: "They do not do any media work of the kind that Extreme Dialogue does. These are designed to be used in classrooms as triggers of real-life discussions."
But the work has only just started: "It's one thing to have a good method on the shelf, but you need a pool of trainers and facilitators to teach it." dw.com
👂
  • YOGYA (KRjogja.com) - Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengutuk keras insiden pengeboman yang terjadi beberapa hari lalu di sebuah gereja di Samarinda Kalimantan Timur. Muhammadiyah pun meminta masyarakat tak terpecah dan menaruh curiga pada kelompok atau agama tertentu.
Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir kepada wartawan Rabu (16/11/2016) menyatakan rasa penyesalan mengapa insiden teror berupa pengeboman masih saja terjadi di Indonesia. Terlebih, pelakunya ternyata merupakan mantan narapidana atas kasus terorisme beberapa tahun silam.
"Kami sangat sesalkan apalagi rumah ibadat lagi-lagi yang menjadi sasaran hingga menimbulkan korban jiwa. Kami minta pemerintah kaji program deradikalisasi yang ternyata belum berjalan, jangan sampai ada generalisasi lagi menyamakan semua," terangnya.
Haedar juga mengharapkan masyarakat Indonesia kompak dalam memerangi kekerasan yang selalu identik terjadi dalam aksi teror. "Kita tak boleh toleransi semua kekerasan dan jangan saling curiga juga tapi kedepankan kerjasama dan rasa saling percaya dalam semua hal, Muhammadiyah masih yakin wilayah Indonesia yang punya kemajemukan masih banyak dan ruang untuk menjaga kondusifitas masih sangat besar," pungkasnya.
Gelombang penolakan atas kekerasan dan aksi teror terus terjadi di banyak daerah di Indonesia pasca kematian Intan Olivia Marbun (2) yang menjadi korban bom gereja di Samarinda. Banyak pihak yang kemudian menuntut negara benar-benar hadir untuk mencegah dan memberantas aksi kekerasan dan teror di wilayah Indonesia. (Fxh)
💭

Jakarta. National Police chief Gen. Tito Karnavian has called for more action to curb "radical sermons" which according to him play an important role in encouraging would-be terrorists.
Indonesia has been on heightened alert since early this year, when a terrorist attack in downtown Jakarta which killed eight people was claimed to be the works of homegrown Islamic State operatives.
Counterterrorism officials have warned that Sunni militants often justify violent terrorist attacks as part of "takfir," or excommunication, of those who have abandoned Islam.

The hardline takfir doctrine is believed to have been spread through radical sermons delivered in mosques everywhere — including inside prisons — in a country which has the largest Muslim population in the world.
"People have the right to say anything they want under a democracy. But if what they say provokes violence, I think we need a solution," Tito said recently.
Seeking tougher actions against terrorist activities, the government has proposed revisions to the existing antiterrorism law to lawmakers at the House of Representatives.
But so far lawmakers have been against the idea of giving antiterrorism officials the power to move against ideologues who deliver these radical sermons, saying such a move would be "unfair" and may lead to further human rights abuses.
"Freedom of speech and expression, the freedom of assembly and the freedom of religion are indeed protected by the 1945 constitution. But there are loopholes that certain groups have taken advantage of to achieve their evil goals," Tito said.
A new antiterrorism bill is expected to be completed in three months. It will seek tougher punishments for convicted terrorists, ranging from longer arrest and detention to revocation of citizenship.
Calls for the revised law to be passed as soon as possible reemerged early last month, when an Islamic State-linked suicide bomber injured a police officer in the Central Java city of Solo.
"Every religion teaches constructive values. But they could have a destructive impact if interpreted carelessly," Tito said.


TEMPO.COVatikan - Pemimpin gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus, menegaskan bahwa ketidakadilan sosial dan menjadikan uang sebagai Tuhan adalah penyebab terjadinya terorisme. Dengan demikian, Paus menilai terjadi kekeliruan mengidentifikasi Islam dengan kekerasan dalam aksi-aksi terorisme. 

"Saya pikir tidak tepat mengidentifikasi Islam dengan kekerasan. Ini tidak tepat dan ini tidak benar," kata Paus kepada jurnalis dalam pesawat yang membawanya pulang dari Polandia ke Roma, 1 Agustus 2016. 

Menurut Paus Fransiskus, hampir semua agama memiliki kelompok fundamentalis. "Kami juga punya," ujarnya merujuk pada agama Katolik. 

Baca : Paus Fransiskus Kutuk Penyanderaan di Gereja di Prancis

Paus Fransiskus menanggapi pertanyaan jurnalis sehubungan dengan pembunuhan terhadap pastor Katolik Roma, Jaqcues Hamel, oleh dua pengikut kelompok teroris ISIS pada Selasa pagi, 26 Juli 2016. Pastor Hamel memimpin misa pagi di Gereja Gambetta, Saint-Etienne-en-Rouvray, di dekat Kota Rouen, Prancis, ketika dua pelaku menyerang, menyandera, hingga membunuh pastor 85 tahun itu. 

Paus menjelaskan, terorisme tumbuh ketika tidak ada pilihan dan uang menjadi tuhan. “Ini yang pertama membentuk terorisme. Menentang kemanusiaan adalah dasar dari terorisme,” tutur Paus Fransiskus. 

Baca : Paus Fransiskus Kunjungi Kamp Nazi Auschwitz  

Selain itu, sedikitnya peluang ekonomi bagi orang muda di Eropa menjadi pemicu terjadinya terorisme. Mereka jadi pengangguran kemudian terlibat narkoba, alkohol, atau ikut ISIS. Manusia tidak menjadi pusat dalam perekonomian dunia.

CHANNEL NEWS ASIA | MARIA RITA



SAINT-ETIENNE-DU-ROUVRAY – Terjadi drama penyanderaan di sebuah Gereja Katolik di Saint-Etienne-du-Rouvray, Normandia, Prancis pada Selasa 27 Juli 2016. Pastor Jacques Hamel tewas setelah digorok oleh dua orang pelaku. Polisi berhasil menembak mati kedua pelaku tersebut.
Polisi Prancis akhirnya berhasil mengidentifikasi salah seorang pelaku. Jaksa Antiteror, Francois Molins, menyebut nama Adel Kermiche sebagai salah satu pelaku. Seperti dimuat ITV, Rabu (27/7/2016), dia pernah ditahan di Turki pada 2015 saat mencoba masuk ke wilayah Suriah untuk kedua kalinya.
Nama Adel Kermiche telah berada dalam daftar dinas intelijen Prancis. Ia juga berada dalam pengawasan ketat di Normandia. Polisi sengaja memasang electronic tag ke Adel Kermiche untuk mempermudah pengawasan.
Molins juga menuturkan salah satu pelaku memakai sabuk peledak dan membawa tiga bilah pisau dalam melakukan aksinya. Seorang pelaku lainnya membawa tas ransel berisi bahan peledak palsu. Namun, tidak disebutkan Adel Kermiche membawa alat yang mana.
Kedua pelaku juga menggunakan tiga orang sandera sebagai pelindung untuk menutup pintu masuk. Keduanya sempat mengucapkan sesuatu dalam Bahasa Arab sebelum meninggalkan gedung gereja. Pelaku berhasil ditembak mati oleh polisi tak lama setelah keluar dari gedung gereja.
(wab)


MADINAH – Ayah dari pelaku bom dekat kompleks Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi tidak lagi mengakui anaknya. Sikap tersebut disebutnya juga diambil oleh anggota keluarga Nayer Musallam Hammad al Nijeidi al Bluwi lainnya.
“Saya merasakan duka dan kesedihan mendalam atas kejahatan keji yang dilakukan anak saya di Madinah dekat Masjid Nabawi. Dengan ini, saya menyatakan aksi kejahatan ini tidak mewakili saya dan juga tidak mewakili suku kami,” ujar pria yang tidak mau disebutkan namanya itu, seperti dimuat Al Arabiya, Senin (11/7/2016).
“Kami berdiri bersama pemerintah dan mengulurkan tangan kepada pemerintah dalam usaha melawan serangan teroris. Anakku Fahad bahkan juga tidak mau mengakui saudara-saudaranya,” sambung sang ayah.
Menurut keterangannya, Nayer bekerja sebagai Penjaga Perbatasan pada tiga tahun lalu dan baru-baru ini dipecat dari pekerjaannya. Dia tinggal di Tarbuk dan sering mengunjungi rumah keluarga dan kerabatnya.
Satu hari sebelum serangan, dia meminta anggota keluarganya untuk berkumpul di mana dia memberikan sebuah gelang emas bagi sang ibu.
“Dia aktif dalam memberikan amal dan membantu orang miskin. Dia juga membelikan ibunya mobil sebelum melakukan serangan. Dia melakukan apa saja untuk menyenangkan ibunya,” tutup sang ayah.
(raw)


Solo detik - Belasan warga Solo menggelar aksi menolak kekerasan. Mereka menegaskan bahwa Solo tetaplah kota yang nyaman untuk kunjungan dan tidak terpengaruh serangan aksi bom bunuh diri yang terjadi pada H-1 lebaran yang lalu. Mereka menegaskan sekalipun ada yang sedang melakukan bisnis ketakutan di Indonesia, namun warga Solo tetap tak gentar dan yakin Solo tetap nyaman.

Aksi tersebut digelar di tiga titik di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (10/7/2016) pagi. Ketiga titik itu adalah di depan Plaza Sriwedati, di Perempatan Ngarsopuro dan di Bundaran Gladag. Selanjutnya seluruh peserta aksi berkumpul dan memusatkan aksi di Perempatan Ngarsopuro. Aksi kultural tersebut menyita perhatian warga yang sedang lewat maupun yang sedang menikmati Minggu pagi di kawasan salah satu pusat kuliner pagi di Solo tersebut.


Mereka membawa sejumlah spanduk dan poster menggelitik. Beberapa tulisan seakan menyindir pelaku bom bunuh diri pada Selasa atau H-1 lebaran lalu. Misalnya poster tertulis 'aku wis bakdan, kowe kapan' (aku sudah lebaran, kamu kapan), 'posomu ora tutug nda' (puasamu tak selesai bung), 'iki kutho mat-matan, rasa mikir sing pethakilan' (ini kota nyaman, abaikan yang banyak tingkah), 'Kutho Solo punjering roso, ojo boros nyowo' (Kota Solo pusat rasa, jangan boros nyawa). 'Solo ora gigrik' (Solo tak pernah gentar) dan sebagainya.

Koordinator aksi, Budi Riyanto, mengatakan saat ini ada pihak-pihak yang sedang ingin mengacaukan keutuhan Indonesia dengan melakukan bisnis ketakutan. Usaha itu terus dikembangkan dengan menebar ketakutan dan kebencian di seantero wilayah di tanah air, termasuk di Solo. Kunci untuk menghadapinya adalah dengan terus menjalin solidaritas, kerukunan, kebersamaan, dan terus menyadari bersama bahwa keanekaragaman di Indonesia justru modal utama persatuan bangsa.


"Kami tidak takut. Kami tidak gentar. Percayalah pada kami bahwa Solo tetap nyaman untuk semua. Warga Solo menolak segala bentuk kekerasan atas nama apapun juga. Tidak ada tempat untuk menjadi intoleran di kota kami. NKRI harga mati, Kota Solo tetap ngangeni (bikin kangen). Kami nyaman di sini. Tidak ada dampak apapun atas terjadinya ulah tidak bertanggungjawab itu," ujar Budi Riyanto.

Aksi tersebut diisi dengan beberapa atraksi seni untuk menunjukkan bahwa Solo tetap aman dan nyaman. Ada atraksi pantomin, ada musik jalanan, tarian ledhek gogek, hingga tarian dan pentas musik. 
(mbr/dra)



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon tunggal Kapolri Komisaris Jenderal Polisi Tito Karnavian mengungkapkan bahwa teroris memiliki ideologi tertentu.
Mereka meyakini masuk surga bila berkonfrontasi dengan polisi.
Tito sudah mewawancarai narapidana terorisme dan menemukan jawaban yang sama.
"Mereka yakin masuk surga saat konfrontasi. Di Bogor, ditangkap hidup-hidup. Dia nangis karena hilang momentum fight dengan polisi. Kalau fight mati masuk surga," kata Tito saat fit and proper test di Komisi III DPR, Gedung DPR, Jakarta, Kamis (23/6/2016).
Menurut Tito, pemahaman seperti itu membuat petugas kepolisian AS, Perancis dan Spanyol bingung.
Sebab, mereka berhadapan dengan orang yang siap mati. Padahal, petugas tak siap mati.
"Petugas di sana sudah mengepung, diwarning, didobrak lalu masuk flash bank. Ternyata sudah dipasang bom di apartemen. Polisi mati 20-an," ujar Mantan Kapolda Metro Jaya itu.
"Berhadapan dengan itu, kita tidak mau hadapi resiko," katanya.
Hal yang sama terjadi dengan terduga teroris Siyono yang tewas.
Tito mengatakan Siyono melakukan perlawanan dengan memukul anggota.
"Anggota bisa pukul dengan dengkul sehingga patah rusuk ya lima," tuturnya.


Recently some prominent talk-show hosts, Sean Hannity among them, have been referring to certain verses in the Quran that appear to call for Muslims to kill non-Muslims. These verses have too often been quoted with what appears to be a willful disregard for the context in which they occur, thus inflaming the emotions of listeners, perpetuating grave misunderstandings, and contributing to the potential for violence on all sides.
Though we may not be able to influence those who are hell-bent on hatred, an explanation is owed to all reasonable people who are interested in the truth of the matter and are not looking to create enemies. The vast majority of Muslims deserve to be seen as allies in a common quest for social justice and human dignity — assuming, of course, that we as Americans have the same goals in mind.
A careful and unbiased study of these and other verses, in their proper context, will reveal that the exhortations to fight “idolaters” and “unbelievers” are specific in nature and are not general injunctions for the murder of all those who refuse to accept Islam as their way of life.
Among the most often cited verses is this one: “Kill the idolaters wherever you find them, and capture them, and blockade them, and watch for them at every lookout...” (Quran 9:5).
According to Islamic belief, the Quran was “revealed” to Muhammad in a process of dialog with the Divine, and some parts of the Quran refer to specific situations, while other parts offer universal spiritual principles. To understand this passage, we must take into account the historical circumstances at the time of its revelation.
The “idolaters” (Arabic: mushrikeen) were those Meccan “pagans” who had declared war against Muhammad and his community. The Meccan oligarchs fought against the Prophet’s message from the very beginning. When they realized that the flow of converts to Islam was increasing, they resorted to violent oppression and torture of the Prophet and his followers. The Prophet himself survived several assassination attempts, and it became so dangerous for the Muslims in Mecca that Muhammad sent some of his companions who lacked tribal protection to take asylum in the Christian kingdom of Abyssinia. After 13 years of violence, he himself was compelled to take refuge in the city of Medina, and even then the Meccans did not relent in their hostilities. Eventually, various hostile Arab tribes joined in the fight against the Muslims, culminating in the Battle of the Trench, when 10,000 soldiers from many Arab tribes gathered to wipe out the Muslim community once and for all. As we know, the Muslims survived these challenges and eventually went on to establish a vast civilization.
At the time Verse 9:5 was revealed, Muhammad and his followers had begun to establish themselves securely. They had returned triumphantly to Mecca without violence, most Meccans themselves had become Muslims, and many of the surrounding pagan Arab tribes had also accepted Islam and sent delegations to the Prophet pledging their allegiance to him. Those that did not establish peace with the Muslims were the bitterest of enemies, and it was against these remaining hostile forces that the verse commands the Prophet to fight.
The verses that come immediately before 9:5 state, “Those with whom you have treaties are immune from attack.” It further states, “Fulfill your treaties with them to the end of their term, for God loves the conscientious.” Now, in its proper context, verse 9:5 can be properly understood.
This was a guidance to the Prophet at that specific time to fight those idolaters who, as 9:4 mentions, violated their treaty obligations and helped others fight against the Muslims. It is not a general command to attack all non-Muslims, and it has never signified this to the overwhelming majority of Muslims throughout history. Had it been so, then every year, after the “sacred months are past,” (The “sacred months” are four months out of the year during which fighting is not allowed) history would have witnessed Muslims attacking every non-Muslim in sight. This yearly slaughter never occurred. Though the present verse is only one example, none of the Quranic verses that mention fighting justify aggression nor propose attacking anyone because of their religious beliefs. Nor were forced conversions recognized as valid under Islamic law.
The fundamental Quranic principle is that fighting is allowed only in self-defense, and it is only against those who actively fight against you. Indeed, Islam is a religion that seeks to maximize peace and reconciliation. Yet, Islam is not a pacifist religion; it does accept the premise that, from time to time and as a last resort, arms must be taken up in a just war.
If the enemy inclines toward peace, however, Muslims must follow suit: “But if they stop, God is most forgiving, most merciful” (2:192). Also read: “Now if they incline toward peace, then incline to it, and place your trust in God, for God is the all-hearing, the all-knowing” (8:61).
How then do we explain the early spread of Islam through military conquest? In the two decades following the death of Muhammad, Muslim armies challenged and largely overcame the world’s two greatest powers, the Persian and Byzantine empires. Were these conquests truly justifiable according to the Quranic principles outlined above? It is a complex question and not one to be readily answered within the limits of a blog post such as this.
It deserves to be understood, however, that the Muslims fought imperial armies, not civilians, and were forbidden to harm non-combatants or destroy property. Islam guaranteed religious freedom for Christians, Jews, and other minority sects, even while they obliged these “protected” minorities to pay a small tax in exchange for being absolved from military service.

Now 14 centuries have passed, and it needs to be recognized that the Quran does not have an inherent, built-in agenda for aggression or domination. The vast majority of Muslims are content to live and let live. In fact, that is part of their religion. Relations with other religious communities are based on acceptance and encouragement to follow the best of your own religion:
To each community among you has been prescribed a Law and a way of life. If God had so willed He would have made you a single people, but His plan is to test you in what He has given you: so strive as in a race in all virtues. The goal of you all is to God; it is He that will show you the truth of the matters in which you differ. (5:48)
And Muslims believe that the God of Islam is not other than the God of Abraham, Moses, and Jesus and that the diversity of religions is according to Divine plan: “Truly those who keep the faith, and the Jews, and the Christians, and the Sabaeans — whoever believes in God and the Last Day and performs virtuous deeds — surely their reward is with their Lord, and no fear shall come upon them, neither shall they grieve.” (2:62)
Perhaps these verses help to explain why in the city of Jerusalem, which has been ruled by Muslims for most of the last 13 centuries, the sacred sites of Jews and Christians have been protected, and those communities themselves have for the most part been able to live in peace together with Muslims. The assertion that Islam or the Quran inherently call for a “war on unbelievers” is sheer fallacy and fantasy.Peace be with you.

Parts of this post first appeared in The BeliefNet Guide to Islam by Kabir Helminski & Hesham Hessaboula. For a more thorough discussion, read “Is Islam a ‘Religion of the Sword’?

Jakarta - Anggota DPR yang tergabung dalam Kaukus Pancasila mengimbau Pemerintah untuk bertindak tegas menghentikan berbagai bentuk propaganda kebencian dan intoleransi dengan kedok agama atau khilafah. Hal itu agar potensi konflik antar masyarakat dapat dihindari.
Kaukus Pancasila memperhatikan, bahwa beberapa waktu terakhir ini, di berbagai lokasi, beredar spanduk yang berisi ajakan untuk mendirikan khilafah yang mengundang reaksi dari salah satu ormas untuk menurunkan paksa spanduk-spanduk tersebut.
"Kaukus Pancasila mendukung sikap tersebut, namun menilai bahwa Pemerintah-lah yang semestinya melakukan upaya penertiban tersebut. Hal ini perlu segera dilakukan untuk mengantisipasi meluasnya kebencian yang dapat berujung pada konflik," kata Maman Imanulhaq, Legislator PKS yang menjadi Anggota Kaukus, Selasa (26/4).
Menurutnya, intoleransi dan kebencian dengan kedok agama, akhir-akhir ini begitu marak dipropagandakan melalui berbagai media, dan tersebar luas ke masyarakat. Selain melalui spanduk, propaganda kebencian dan faham radikal telah menyusup ke sekolah-sekolah formal, baik yang diajarkan secara terang-terangan maupun melalui kurikulum terselubung.
"Media sosial juga menjadi sarana propaganda yang begitu masif dan viral ke masyarakat. Namun sayangnya, pemerintah kerap membiarkan beredarnya propaganda tersebut," imbuh Maman, Politikus PKB itu.
Selain yang bertema khilafah, spanduk-spanduk yang bernada intoleran terhadap kelompok minoritas seperti spanduk yang menolak keberadaan Syiah, Ahmadiyah, gereja. Atau sebaliknya juga penolakan terhadap pembangunan masjid di Papua, kerap dibiarkan terus terpasang sehingga berujung pada konflik.
Padahal, bila pada Pasal 20 Kovenan Sipil dan Politik sebagaimana telah disahkannya ke dalam hukum domestik melalui Undang-undang Nomor 12 Tahun 2005 serta Pasal 156 jo. 157 KUHP, segala propaganda kebencian sudah semestinya dilarang.
Anggota Kaukus Pancasila lainnya, Eva Kusuma Sundari menegaskan, sebagaimana secara tegas telah diinstruksikan oleh Presiden, Pemerintah semestinya dapat segera bertindak untuk menghentikan propaganda kebencian beserta segala bentuk dukungannya. Termasuk dukungan pendanaan yang berasal dari dalam dan luar negeri.
"Kaukus juga meminta agar Pemerintah lebih mempromosikan toleransi beragama serta mengarustamakan nilai-nilai Pancasila melalui berbagai media, termasuk spanduk, menggantikan spanduk-spanduk yang mempropagandakan kebencian dari ruang-ruang publik," tandas Eva, Politikus PDIP itu.
Markus Junianto Sihaloho/FMB
BeritaSatu.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Allah di balik Sejarah: Penantian Baru BTP (hati nurani Pemilu 2024) #02

die hard of terrorism: final fate of ISiS (3): ISIS bukan ISLAM, menganut teologi PEMBUNUHAN

janji Jokowi (4) (ANTI GRATIFIKA$1): pilpres 2019